Sabtu, 30 Mei 2015

Ihwal Ramadan

Menurut penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam), bulan kesembilan adalah Ramadan. Pada bulan Ramadan tersebut umat Islam pada umumnya lebih meningkatkan berbagai aktivitas ibadah yang meliputi berpuasa, salat tarawih, memperingati turunnya Al Quran dan beragam hal lainnya. Ketika dipenghujung bulan Ramadan, maka umat Islam menyempurnakannya dengan menunaikan zakat fitrah dan melaksanakan takbir sepanjang malam akhir bulan Ramadan hingga menjelang dan sesudah salat Idul Fitri.

Peciwan-MarhabanRamadan.png

Bulan Ramadan ini begitu memberikan makna kepada umat Islam karena pada bulan inilah Al Quran diturunkan oleh Allah SWT sebagaimana yang tercantum pada Al Quran Surat Al Baqarah Ayat 185 yang artinya, ".. bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.."

Baik di Indonesia maupun di negara lain, jatuhnya awal dan akhir bulan Ramadan adalah tidak menentu sehingga di Indonesia pada umumnya untuk menentukan awal dan akhir bulan Ramadan menerapkan metode kombinasi antara hisab ( metode perhitungan astronomi ) dan rukyah ( metode penglihatan dengan mata telanjang ).
Tidak ada komentar: