Minggu, 31 Mei 2015

Ihwal Takbiran Dan Salat Idul Fitri

Takbiran merupakan aktivitas umat Islam yang mengagungkan Allah SWT dengan kalimat-kalimat tertentu yang dikumandangkan sepanjang malam menyambut datangnya Idul Fitri dan Idul Adha. Tidak ada yang lebih menggugah hati dibandingkan ketika mendengar gema takbir merasuki ke segala penjuru. Pada umumnya di Indonesia, Takbiran tidak hanya dilakukan di mushala atau masjid saja namun juga dilakukan dengan cara melakukannya bersama-sama di jalan.

Adapun kalimat yang diucapkan pada saat bertakbir, umumnya sebagai berikut:

Peciwan-MarhabanRamadan.png

Bahasa Arab

اللهُ اكبَرْ كبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن, وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن, لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالٰهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْد

Pengucapan Bahasa Arab

ALLAHU AKBAR KABIIRO- WALHAMDULILLAAHI- KA-TSII-RO WA-SUBHAANALLAHI- BUKROTAWWA -A- SHIILA, LAA ILAAHA ILLA ALLAHU WALAA NA’BUDU ILLAA -IYYAAH, MUKHLISHIINA LAHUDDIINA, WALAW KARIHAL KAAFIRUUN, WALAW KARIHAL MUNAAFIQUUN, WALAW KARIHAL MUSYRIKUUN, LAA ILAAHA ILLA ALLAH U WAHDAH, SHODAQO WA’DAH, WANASHORO- ‘ABDAH, WA- A- ‘AZZA JUNDAHU- WA HAZAMAL AHZAABA WAHDAH, LAA ILAA HA ILLA ALLAHU WALLAHU AKBAR, ALLAHU AKBAR WALILLAHILHAMD.

Arti dalam Bahasa Indonesia

Allah Maha Besar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan sebanyak-sebanyak puji, dan Maha suci Allah sepanjang pagi dan sore, tiada Tuhan(yang wajib disembah) kecuali Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya, dengan memurnikan agama Islam, meskipun orang-orang kafir, orang-orang munafiq, orang-orang musyrik membencinya. Tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dengan ke Esa anNya, Dia dzat yang menepati janji, dzat yang menolong hambaNya dan memuliakan bala tentaraNya dan menyiksa musuh dengan ke Esa anNya. tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah.

Salat Idul Fitri

Tepat 1 Syawal, seluruh umat muslim di seluruh dunia menunai ibadah Salat Idul Fitri yang ditunaikan sebanyak 2 raka'at. Salat Idul Fitri tidak seperti salat lima waktu karena pada raka'at pertama diisi dengan tujuh kali takbir dan lima kali takbir pada raka'at kedua yang kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Al Fatihah dan surat lainnya.
Tidak ada komentar: